Tips Menurunkan Berat Badan

Menimbang berat badan bisa menjadi momok yang menakutkan pagi penyingidap obesitas, tak hayal untuk menurunkan berat badan banyak orang yang melakukan diet keras dengan berbagai macam program diet. Namun, tak semua cara yang sudah ditempuh dapat berhasil dan sesuai keingingkan. Disini saya akan memberikan 12 cara untuk menurunkan berat badan secara sehat menurut pengalaman pribadi saya.


1. Kurangi dan hindari minuman yang bersoda
Minuman yang bersoda ini penuh dengan kalori yag dapat meningkatkan berat badan anda. Gantilah minuman  tersebut dengan air putih atau teh hijau.
2. Kurangi dan hindari makanan yang bergoreng
Makanan yang yang digoreng apabila dikonsumsi terus-terus menerus dapat menimbulkan lemak di dalam tubuh kita. Untuk menggantinya dapat mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus seperti umbi-umbian.
3. Jangan lewatkan sarapan pagi
Apabila kita tidak sarapan akan memperlambat laju dari metabolisme tubuh yang mengakibatkan penumpukan lemak yang berlebihan. Sarapalah sesuai porsi dan kebutuhan untuk energi anda di pagi hari hingga siang hari.
4. Kurangi karbohidrat
Nasi sebagai bahan pokok yang mempunyai kadar karbo yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Untuk menghindarinya dapat dicegah dengan mengkonsumsi nasi dingin yang biasanya nasi hangat, atau mengurangi porsi nasi anda saat makan.
5. Minumlah air putih
Minumlah air putih 6-8 gelas per hari. Janganlah anda minum hingga merasa haus.
6. Banyak makan buah-buahan
Buah sendiri itu mengandung sejumlah air dan dapat membuat kulit segar. Pesan dokter sekitar beberapa bulan yang lalu saat saya sakit, dokter mengajurkan untuk memakan buah pepaya, apel hijau dan pisang. Terkecuali bagi anda yang mempunyai penyakit maag hindari buah pisang. Namun, jangan sekali-kali memakan buah kelengkeng bagi anda yang sedang menurunkan berat badan karena buah tersebut banyak mengandung gula.
7. Jangan nyemil dan makan malam
Kedua hal tersebut memang sulit rasanya bagi kita, namun secara perlahan dapat kita ubah untuk tidak mengemil lagi karena lemak jenuh dari cemilan tersebut dapat membuat berat badan naik. Dan hindari kebiasaan makan malam anda dapat diganti dengan makan buah.
8. Mengkonsumsi bayak sayuran hijau
Kebanyakan orang saat makan lupa ataupun tidak suka dengan sayur-sayuran, mulai sekarang cobalah memakan sayuran hijau yang mempunyai banyak vitamin.
9. Hindari mie instan
Disini kita memang susah untuk menghindari makanan satu ini, tapi kenapa tidak untuk menghindarinya karena di mie instan ini terdapat zat pewarna dan zat pengawet yang berbahaya agi kita apabila dikonsumsi terus-menerus.
10. Kurangi makanan yang pedas
Tanpa rasa pedas makan itu terasa hambar tapi tahukah anda rasa pedas itu yang membuat nafsu makan kita menjadi berlebih? Maka dari itu kurangi dan hindari makanan yang pedas.
11. Olahraga yang teratur
Hal yang satu ini memang sangat sulit untuk dikerjakan. Padahal kunci sukses anda berada disini. Olahraga yang teratur setiap harinya cukup berpengaruh untuk mengurangi berat badan karena membakar lemak, detox dan racun di tubuh kita. Olahraga ini sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, tak harus yang berat dan mahal secara ringan pun jadi. 
12. Cukup tidur
Pola tidur juga berpengaruh disini, apabila kualitas tidur anda baik, dan anda akan makan lebih sedikit dan hasilnya akan menurunkan berat badan. Karena kurang tidur juga bisa menjadi masalah bagi kesehatan anda seperti obesitas, depresi, terganggunya hormon dan melemanya kekebalan.

Apabila 12 cara tersebut sudah anda lakukan bertahap dan teratur, dan menjadi kebiasaan mudah-mudahan anda mendapatkan berat badan yang ideal. Selamat mecoba :)

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar