Manfaat Daun Sirih

Daun Sirih meruapakan salah satu nama obat tradisional yang sudah lama digunakan dari zaman dahulu hingga sekarang. Tanaman yang satu ini memang mempunyai banyak khasiat bagi manusia. Dan perlu kalian ketahui daun sirih itu sendiri adalah tanaman asli dari Indonesia. Yang saya tahu sirih itu mempunyai banyak jenis, antara lain Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Merah, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning. Kandungan yang ada di daun sirih tak lain adalah antiseptik yang dapat membantu mengobati mata anda saat iritasi ataupun minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Pada zaman dahulu sirih ini biasanya digunakan untuk menyirih dengan ditambahkan dengan yang lain, atau kebanyakan orang menggunakan untuk kesehatan giginya. Disini saya akan memberikan 5 manfaat apa saja yang berguna bagi kesehatan dari daun sirih itu sendiri dari berbagai pengalaman saya:


1. Mengobati mata dari iritasi, seringkali iritasi mata terjadi di diri kita ini dari kotoran ataupun debu yang masuk ke kelopak mata kita, ini dapat anda atasi dengan mengambil beberapa petik daun sirih lalu rendam daun sirih tersebut dalam sebuah tempat yang sudah berisi air diamkan sebentar lalu kenakanlah mata anda tersebut ke tempat itu.
2. Menghilangkan bau mulut dan kesehatan gigi, tak perlu obat dengan zat kimia lainnya dengan daun sirih masalah bau mulut dan kesehatan gigi anda terobati. Caranya, ambil beberapa daun sirih lalu kunyah hingga hancur lau kumurlah dengan air. Lakukan kegiatan ini secara rutin. Atupun bisa dengan merebus dahulu daun sirih, lalu kumurlah anda dengan rebusan daun sirih tersebut.
3. Mengobati batuk, untuk mengatasi batuk ambil bebrapa daun sirih lalu tambahkan kapulaga, kemukus cengkeh, kayu manis dan madu.Setelah daun itu anda cuci rebus bahan-bahan tersebut menjadi satu, tunggu sebentar lalu saring dan anda tinggal meminumnya.
4. Mengatasi keputihan, biasanya sih masalah ini terjadi pada wanita-wanita. Coba dari sekarang dengan obat tradisional ini membereskan masalah keputihan tersebut dengan mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan air, tunggu hingga dingin setelah direbus gunakanlah air itu untuk mencebok.
5. Menyembuhkan luka, untuk masalah ini caranya sangatlah mudah. Ambil bebrapa lembar daun sirih lalu tumbuk daun tersebut hingga halus, laku tempelkan daun sirih itu ke luka anda.

Setelah kita mengetahui manfaat dari daun sirih tersebut, mulailah dari sekarang apabila dirumah anda terdapat lahan kosong tanamlah daun sirih untuk khasiat penyembuhan berbagai penyakit, kan siapa tahu suatu saat dan tak terduga daun sirih ini berguna bagi anda dan keluarga anda. Ingat daun sirih ini tidak mempunyai efek samping looh :)

1 komentar: