Resume of Analisis Pendapatan Nasional untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi

Alat ukur untuk keberhasilan perekonomian suatu Negara adalah dengan adanya peningkatan pendapatan Negara. Adam Smith mengatakan "kemakmuran suatu bangsa bukanlah diukur dari banyaknya logam mulia/jumlah kekayaan yang dimiliki suatu Negara, tapi jumlah barang dan jasa yang dihasilkan masyarakat dari Negara tersebut". Pendapatan Nasional adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu Negara dalam jangka waktu tertentu. Dalam perekonomian tertutup sederhana, sektor yang terlibat adalah rumah tangga (pihak konsumen) dan perusahaan atau pihak swasta (sebagai produsen) tanpa campur tagan pemerintah baik berupa pungutan pajak.
Investasi yang biasa disebut penanaman modal merupakan pengeluaran perusahaan untuk membeli barang-barang dan perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang/jasa yang tersedia dalam perekonomian.
Contoh:
Presiden SBY dijadwalkan akan membuka Peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional 2012 yang didampingi oleh Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan. Sementara itu, Presiden pada peringatan serupa pada tahun 2011, mendorong para wirausaha muda untuk kreatif, berani mengambil resiko dan melakukan terobosan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar