Resume of Uang, Bank dan Penciptaan Uang

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Fungsi asli uang ada tiga, yaitu:
1. Sebagai alat tukar
2. Sebagai satuan hitung
3. Sebagai penyimpanan nilai
Fungsi turunan uang antara lain:
1. Uang sebagai alat pembayaran yang sah
2. Uang sebagai alat pembayaran utang
3. Uang sebagai alat penimbun kekayaan
4. Uang sebagai alat pemindah kekayaan
5. Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi
Jenis uang yang terdapat di Indonesia ada dua, yaitu uang logam dan uang kertas.
Bank Sentral adalah bank yang didirikan berdasarkan UU No.13 tahun 1968 yang memiliki tugas untuk mengatur peredaran uang, mengatur pengerahan dana-dana, mengatur perbankan, mengatur perkreditan, menjaga stabilitas mata uang, dsb. Bank Indonesia sebagai bank sentral mempunyai satu tujuan tunggal yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Sedabgkan bank umum adalah lembaga keuangan yang menawarkan berbagai layanan produk dan jasa kepada masyarakat dengan fungsi sperti menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dalam berbagai bentuk, memberi kredit pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan, jual beli valuta asing, menjual jasa asuransi, jasa giro, jasa cek, menerima penitipan barang berharga, dan lain sebagainya.
Kebijakan moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjualan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Kebijakan moneter dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
1. Kebijakan moneter ekspansif / Monetary ekspansive policy
2. Kebijakan moneter kontaktif / Monetary contractive policy

Pada saat persentasi kemarin ada satu pertanyaan yang saya ingat, yaitu "Kenapa pada tahun 1998 terjadi krisis moneter padahal di Indonesia sendiri ada kebijakan moneter?"
Jawaban: Kalau menurut saya sih krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 itu sendiri diluar dugaan pemerintah dan BI, karena mata uang kita itu sangat berpengaruh terhadap dollar Amerika maka pada saat harga dollar meninggi berakibat pada semua aspek yang ada, yang paling utama adalah perekonomian sendiri. Jadi, walaupun ada kebijakan moneter tetapi masalah ini cukup berpengaruh di dunia maka kebijakan itu sendiri bisa tak berjalan sesuai yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar