Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah suatu kebutuhan barang yang dibutuhkan oleh konsumen pada harga tertentu dan waktu tertentu. Permintaan mempunyai hukum yang berbunyi sebagai berikut: "Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan". dari hukum permintaan maka apabila jumlah barang yang diminta akan brbanding terbalik dengan tingkat harga barang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan adalah sebagai berikut:
1. Selera, biasanya para konsumen akan membeli suatu barang dengan selera masing-masing. Sudah dipastikan selera setiap manusia pasrti berbeda-beda. Jadi, jika selera konsumen pada barang tertentu tinggi maka jumlah barang tersebut pasti meningkat.
2. Pendapatan konsumen, apabila penghasilan/pendapatan konsumen tinggi maka daya beli untuk suatu barang juga lebih besar. Contoh: Jika seseorang mempunyai gaji yang besar maka dia akan membeli barang yang dia inginkan.
3. Harga barang/Jasa pengganti, sebagian besar masyarakat Indonesia akan membeli suatu barang dengan harga barang yang lebih murah tetapi memounyai kualitas yang bagus.
4. Harga barang/Jasa pelengkap, disini berarti sifatnya suatu barang itu sebagai alat pelengkap dari barang pokoknya.
5. Perkiraan harga di masa datang, konsumen selalu mengirakan harga suatu barang akan meningkat, maka sebelum naik biasanya konsumen akan membeli barang tersebut dalam jumlah yang besar.
6. Intensitas kebutuhan konsumen, barang atau jasa yang sangat dibutuhkan oleh konsumen maka jumkah permintaan akan meningkat.

Penawaran adalah suatu barang yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen. Penawaran pun juga mempunyai hukum, yaitu: "Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun". Dari hukum penawaran maka jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran:
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan, apabila biaya dalam pembuatan barang tinggi maka harga jual akan semakin mahal.
2. Tujuan perusahaan, setiap perusahan pasti bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang besar.
3. Pajak, apabila pajak yang di tetapkan oleh pemerintah naik maka produk yang dikeluarkan produsen semakin mahal.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap.
5. Prediksi/perkiraan harga di masa depan.
 
Studi Kasus
Belakangan ini isu yang bisa dibilang terpopuler dan masih hangat adalah berita tentang akan terjadi kenaikan harga BBM mulai 1 april 2012 nanti. Kenaikan harga yang dipicu harga minyak perbarel saat ini semakin tinngi, maka pemerintah tak punya jalan lain untuk tidak menaikkannya. Walaupun dengan keputusan tersebut membuat pro kontra di kalangan masyarakat. Namun, disituasi saat ini permintaan dari masyarakat meningkat tetapi penawaran dari Pertamina berkurang.
Adapula penjualan sayuran seperti cabai yang membusuk untuk daerah yang di luar Pulau jawa karena cuaca buruk saat pengiriman. Disini produsen sangat dirugikan seharusnya bisa mendapat untung malah merugi dan konsuen pun harus mengeluarkan kocek yang lebih besar untuk membeli cabai yang lebih bagus ataupun membeli cabai yang sudah mulai membusuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar