Perilaku Konsumen

Sifat konsumen  di Indonesia ini sangat dipengaruhi oleh kemajuan jaman dan teknologi. Terkadang mereka membeli suatu barang tidak sesuai kebutuhan tetapi karena keinginan mereka saja. Lifestyle dan gengsi sangat mempengaruhi disini, katanya sih kalu kita gak ngikutin trend yang sekarang lagi In kita dibilang jadul, gaptek or wtf laah. Dengan bangganya mereka yang merasa high class akan memperlihatkan barang terbaru yang mereka punya dengan brand buatan luar negeri dengan harga yang cukup fantastis, bebanding terbalik dengan kalangan bawah yang mungkin akan membeli barang tersebut sesuai kebutuhan mereka saja dengan buatan dalam negeri.

 Masyarakat Indonesia yang tidak mau diatur dan sesukanya masing-masing ini bisa menghambat program yang sudah dicanangkan kan Pemerintah kita untuk "Cinta Produk Dalam Negeri" dan "Visit Indonesia". Sebenarnya produk dalam negeri tak kalah bagus dengan produk buatan luar negeri, dengan menggunakan atau membeli produk dalam negeri juga dapat membantu rakyat kecil mensejahterakan kehidupan mereka agar lebih baik. Contoh lain, ada suatu barang buatan lokal yang dijual di negara lain dengan harga bisa 3x lipat atau lebih tinngi dari harga aslinya.
Kenapa masyarakat Indonesia lebih senang berlibur di luar negeri dibandingkan negeri sendiri?
Mungkin banyak faktor yang masih menjadi kendala dan menjadi PR Pemerintah setempat. Pertama, masalah sanitasi/kebersihan di tempat wisata di Indonesia yang masih kurang. Kedua, masalah harga travel atau akomodasi berlibur di dalam negeri tak jauh beda dengan harga ke luar negeri. Maka masyarakat akan lebih memilih untuk berlibur di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar