BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Media Pembelajaran Interaktif
Pembelajaran Interaktif adalah
hubungan antara manusia (sebagai user/pengguna produk) dan komputer
(software/aplikasi/produk dalam format file tertentu, biasanya dalam bentuk CD).
Dengan demikian produk /CD/aplikasi yang diharapkan memiliki hubungan 2 arah/timbal
balik antara software/aplikasi dengan user nya. Pengaruh media dalam pembelajaran
dapat dilihat dari jenjang pengalaman belajar yang akan diterima oleh pelajar.
Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung, kenyataan
yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan,
sampai pada lambang verbal. Pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan
perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dan pengalaman
yang pernah dialami sebelumnya. Menurut Bruner dalam Arsyad (2005) ada tiga
tingkatan modus belajar yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar
(iconic), dan pengalaman gambar (symbolic). Pengertian interaktif dengan komunikasi
2 arah atau dari komponen-komponen komunikasi.
2.2 Definisi Multimedia
Multimedia berasal dari kata ‘multi’
dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat
yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’
dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian
didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen
tersebut berupa : teks, gambar, suara dan animasi. Multimedia merupakan suatu
konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi bentuk
teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk
disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif.
Penyajian dengan menggabungkan seluruh
elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk
aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu
aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi
kebebasan atau kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen
tersebut.
Dalam industri elektronika menurut
Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch,
1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara,
gambar, dan teks (McCormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling
sedikit dan media input atau output dan
data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan
presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik,
animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001) Definisi yang lain dari
multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh
Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi).
2.3 Macromedia Flash 8
Macromedia Flash 8 dibuat dalam 2
versi, versi Basic (dasar) dan Profesional. Versi Profesional merupakan hasil
penyempurnaan dan penambahan versi basic. Keunggulan yang di dapat dari
penggunaan aplikasi professional adalah kemudahan manajemen file, efek grafis spesial,
kontrol animasi, dan lain-lain.
Macromedia Flash 8 digunakan dalam
perancangan dan pembuatan Multimedia Interaktif. Semua hasil desain dan
perancangan dari aplikasi-aplikasi pendukung akan digabung di dalam aplikasi
ini. Pengolahan file-file multimedia seperti teks, gambar, audio, video dan
animasi akan menjadi sempurna setelah tergabung di dalam aplikasi ini.
Macromedia Flash 8 memiliki kemampuan dalam mengolah berbagai file multimedia
dengan format yang beragam.
2.4 Alasan Menggunakan Macromedia
Flash 8
o
Hasil akhir flash memiliki ukuran yang
lebih kecil (setelah di publis).
o
Flash dapat mengimpor hampir semua
gambar dan file-file audio sehingga dapat lebih hidup.
o
Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan
di kontrol.
o
Gambar flash tidak akan pecah meskipun
di zoom beberapa kali karena gambar flash bersifat gambar flash gambar vektor.
o
Hasil akhir dapat disimpan dalam
berbagai macam bentuk seperti *.avi, *.gif, mov, maupun file dengan format
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar