Kutipan, Abstrak, dan Daftar Pustaka


A.  KUTIPAN
1)   Pengertian Kutipan
Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.


2)  Manfaat Kutipan
o   Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
o   Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
o   Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana.
o   Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
o   Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.
o   Meningkatkan estetika penulisan.
o   Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang  terkait dengan data pustaka.
3)  Cara Mengutip
Demi mempermudah dalam menulis karya tulis ilmiah disini akan menjelaskan 2 cara penggunaan kutipan.
1.    Kutipan langsung dapat dilakukan dengan cara:
·        Dalam bentuk aslinya, tidak disingkat, tidak dipotong, dan tidak diterjemahkan.
·        Dalam bahasa aslinya, kemudian diterjemahkan atau aslinya dimasukkan dalam lampiran, dan terjemahannya dimasukkan dalam teks.
2.   Kutipan tidak langsung dapat dilakukan dengan cara: 
·        Menggunakan kata-kata sendiri, akan tetapi pengertiannya tidak berbeda dengan ide/bahan/data orang lain yang dikutip.
·        Membuat tabel, peta, diagram dari data orang lain.
·        Menyusun bagan data orang lain.
·        Menyadur pendapat orang lain.

4)  Contoh Kutipan
1.    Kutipan Langsung
Berkenaan dengan kegiatan pembalakan liar (illegal logging), seorang tokoh masyarakat mengatakan bahwa ”kegiatan illegal logging di wilayah ini sudah sangat parah, dan upaya untuk membasminya seperti menegakkan benang basah” (Suparlan, wawancara, 21 Juli 2007).
2.   Kutipan Tak Langsung
Gelombang demokratisasi yang ada di dunia ini bisa dibagi menjadi tiga periode, yakni demokratisasi gelombang pertama yang berlangsung antara 1828-1926, demokratisasi gelombang kedua yang terjadi antara 1943-1962, dan demokratisasi gelombang ketiga yang dimulai dari tahun 1974 sampai tahun1990-an (Huntington 1991). Mengingat sekarang masih banyak rejim-rejim otoriter, apakah akan ada gelombang demokratisasi keempat?

B.   ABSTRAK
1)   Pengertian Abstrak
Abstrak adalah representasi dari isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.
2)  Tujuan Abstrak
Tujuan abstrak adalah membantu pembaca agar dengan cepat dapat memperoleh gambaran umum mengenai proyek akhir yang akan dikerjakan. Abstrak berisi tentang motivasi, perumusan masalah, tujuan, metode/pendekatan, serta hasil yang diharapkan. Masksimum terdiri dari 300 kata, tidak boleh menulisakan referensi dan diikuti dengan kata kunci atau keyword minimum 3 kata kunci.
3)  Contoh Abstrak
Tunagrahita berasal dari kata Tuna dan Grahita, Tuna yang berarti merugi dan Grahita berarti pikiran. Sehingga arti dari Tunagrahita berdasarkan harfiahnya adalah pikiran yang merugi atau keterbelakangan mental. Anak tunagrahita sering dikaitkan dengan idiot. Padahal anak tunagrahita terdiri dari beberapa kelompok yang pada umumnya didasarkan pada taraf intelegensinya.
Terdiri atas tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, dan tunagrahita berat. Sehingga berdasarkan pada klasifikasinya, idiot merupakan tunagrahita berat. Anak berkebutuhan khusus seperti tunagrahita, juga membutuhkan pembelajaran seperti orang normal lainnya, agar produktif dalam setiap pekerjaan. Meskipun memiliki keterbelakangan, mereka diharapkan mandiri dalam kehidupannya kelak. Kemandirian dibangun dari pendidikan sejak usia anak-anak. Kebutuhan akan pendidikan disesuaikan dengan kondisi mereka yang terbatas. Dalam meningkatkan pengenalan ilmu pengetahuan terhadap anak tunagrahita, perlu adanya pembelajaran yang lebih modern. Dengan berkembangnya teknologi informasi yang semakin canggih, sudah seharusnya mempermudah anak tunagrahita untuk dapat meningkatkan belajarnya.
Solusinya dengan e-learning, yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi informasi baik online maupun offline. Dengan pemanfaatan e-learning, kesulitan anak tunagrahita yang tidak mampu berfikir abstrak [Astati, 1988] akan dipermudah dengan hal-hal yang konkrit. Media pembelajaran dan alat bantu pelajaran yang memadai akan memberikan tanggapan terhadap objek yang dipelajari oleh anak tunagrahita.
Berdasarkan pada permasalahan itulah, makalah ini dibuat. Dengan teknologi android yang mudah dibawa kemana saja dan media audio visual yang dirancang khusus untuk anak tunagrahita, dengan harapan mereka dapat memahami dan menjalankan konsep 3B (Brain, Behaviour, Body). Melalui konsep 3B, diharapkan akan mempermudah anak tunagrahita untuk menjalankan kehidupannya, seperti menambah wawasan ilmu science, mengenal tubuhnya sendiri, dan berperilaku di masyarakat.
Keyword : Tunagrahita, User Interface, Android.

C.   DAFTAR PUSTAKA
1)   Pengertian Daftar Pustaka
Daftar Pustaka atau Bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul, buku-buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang digunakan untuk memperjelas pembaca dari mana sumber penulisan tersebut.
2)  Tujuan Daftar Pustaka
Ø Memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah, artikel secara keseluruhan.
Ø Sebagai pelengkap, para pembaca agar dapat melihat atau membaca sumber aslinya.
3)  Contoh Daftar Pustaka
Buku :
[1] Date, C.J., An Introduction To Database Systems, 6th ed., Addison Willey Publishing Wesley Company, Inc., Reading Massachusetts, 2000.

Anonim :
[1] Anonim, Sistem Pemerintahan di Indonesia, cetakan pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta 1983.

Majalah / Jurnal :
[1] Cattell R.G.G. and Skeen.J. “Object Operation Benchmark”. ACM Trans. Database Systems, 17, 1992, pp. 1 - 31.

Lebih dari tiga penulis :
[1] Stoica, I, et all., “A Proportional Share Resource Allocation Algorithm for Real-Time, Time-Shared Systems”, In Proceedings Real-Time Systems Symposium, IEEE Comp. Press, Desember, 1996, hlm. 288 - 299.

Artikel :
[1] N.L. Owsley, “Sonar array processing”, in Array Signal Processing, S. Haykin, Ed.,
Englewood Cliffs, NJ:Prentice_Hall, 1985, ch. 3,pp.115-193.
Internet :
[1] Galagher, P.R.Jr., “A guide to understanding audit in trusted system”,
Atau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar