A. KUTIPAN
1)
Pengertian Kutipan
Kutipan adalah suatu kata yang
mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu
gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan
gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi,
artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
2) Manfaat
Kutipan
o
Menunjukkan
kualitas ilmih yang lebih tinggi.
o
Menunjukkan
kecermatan yang lebih akurat.
o
Memudahkan
penilaian penggunaan sumber dana.
o
Memudahkan
pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
o
Mencegah
pengulangan penulisan data pustaka.
o
Meningkatkan
estetika penulisan.
o
Memudahkan
peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah
yang terkait dengan data pustaka.
3)
Cara
Mengutip
Demi mempermudah dalam menulis karya tulis ilmiah disini
akan menjelaskan 2 cara penggunaan kutipan.
1. Kutipan langsung dapat dilakukan dengan cara:
·
Dalam
bentuk aslinya, tidak disingkat, tidak dipotong, dan tidak diterjemahkan.
·
Dalam
bahasa aslinya, kemudian diterjemahkan atau aslinya dimasukkan dalam lampiran,
dan terjemahannya dimasukkan dalam teks.
2. Kutipan tidak langsung dapat dilakukan dengan cara:
·
Menggunakan
kata-kata sendiri, akan tetapi pengertiannya tidak berbeda dengan
ide/bahan/data orang lain yang dikutip.
·
Membuat
tabel, peta, diagram dari data orang lain.
·
Menyusun
bagan data orang lain.
·
Menyadur
pendapat orang lain.
4) Contoh
Kutipan
1.
Kutipan Langsung
Berkenaan dengan kegiatan pembalakan
liar (illegal logging), seorang tokoh masyarakat mengatakan bahwa ”kegiatan
illegal logging di wilayah ini sudah sangat parah, dan upaya untuk membasminya
seperti menegakkan benang basah” (Suparlan, wawancara, 21 Juli 2007).
2.
Kutipan Tak Langsung
Gelombang demokratisasi yang ada di
dunia ini bisa dibagi menjadi tiga periode, yakni demokratisasi gelombang
pertama yang berlangsung antara 1828-1926, demokratisasi gelombang kedua yang
terjadi antara 1943-1962, dan demokratisasi gelombang ketiga yang dimulai dari
tahun 1974 sampai tahun1990-an (Huntington 1991). Mengingat sekarang masih
banyak rejim-rejim otoriter, apakah akan ada gelombang demokratisasi keempat?
B. ABSTRAK
1)
Pengertian Abstrak
Abstrak adalah representasi dari
isi dokumen yang singkat dan tepat. Abstrak merupakan bentuk ringkas dari isi
suatu dokumen yang terdiri atas bagian-bagian penting dari suatu tulisan, dan
mendeskripsikan isi dan cakupan dari tulisan.
2) Tujuan Abstrak
Tujuan abstrak adalah membantu
pembaca agar dengan cepat dapat memperoleh gambaran umum mengenai proyek akhir
yang akan dikerjakan. Abstrak berisi tentang motivasi, perumusan masalah,
tujuan, metode/pendekatan, serta hasil yang diharapkan. Masksimum terdiri dari
300 kata, tidak boleh menulisakan referensi dan diikuti dengan kata kunci atau
keyword minimum 3 kata kunci.
3) Contoh
Abstrak
Tunagrahita
berasal dari kata Tuna dan Grahita, Tuna yang
berarti merugi dan Grahita berarti pikiran. Sehingga arti dari Tunagrahita
berdasarkan harfiahnya adalah pikiran yang merugi atau keterbelakangan
mental. Anak tunagrahita sering dikaitkan dengan idiot. Padahal anak tunagrahita
terdiri dari beberapa kelompok yang pada umumnya didasarkan pada taraf
intelegensinya.
Terdiri
atas tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, dan tunagrahita berat.
Sehingga berdasarkan pada klasifikasinya, idiot merupakan tunagrahita berat.
Anak berkebutuhan khusus seperti tunagrahita, juga membutuhkan
pembelajaran seperti orang normal lainnya, agar produktif dalam setiap
pekerjaan. Meskipun memiliki keterbelakangan, mereka diharapkan mandiri dalam
kehidupannya kelak. Kemandirian dibangun dari pendidikan sejak usia anak-anak.
Kebutuhan akan pendidikan disesuaikan dengan kondisi mereka yang terbatas.
Dalam meningkatkan pengenalan ilmu pengetahuan terhadap anak tunagrahita,
perlu adanya pembelajaran yang lebih modern. Dengan berkembangnya teknologi
informasi yang semakin canggih, sudah seharusnya mempermudah anak tunagrahita
untuk dapat meningkatkan belajarnya.
Solusinya
dengan e-learning, yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan media
teknologi informasi baik online maupun offline. Dengan
pemanfaatan e-learning, kesulitan anak tunagrahita yang tidak
mampu berfikir abstrak [Astati, 1988] akan dipermudah dengan hal-hal yang
konkrit. Media pembelajaran dan alat bantu pelajaran yang memadai akan
memberikan tanggapan terhadap objek yang dipelajari oleh anak tunagrahita.
Berdasarkan
pada permasalahan itulah, makalah ini dibuat. Dengan teknologi android yang
mudah dibawa kemana saja dan media audio visual yang dirancang khusus untuk
anak tunagrahita, dengan harapan mereka dapat memahami dan menjalankan
konsep 3B (Brain, Behaviour, Body). Melalui konsep 3B, diharapkan akan
mempermudah anak tunagrahita untuk menjalankan kehidupannya, seperti
menambah wawasan ilmu science, mengenal tubuhnya sendiri, dan
berperilaku di masyarakat.
Keyword : Tunagrahita, User Interface, Android.
C. DAFTAR
PUSTAKA
1)
Pengertian Daftar Pustaka
Daftar Pustaka atau Bibliografi adalah sebuah
daftar yang berisi judul, buku-buku, artikel-artikel dan bahan-bahan penerbitan
lainnya, yang digunakan untuk memperjelas pembaca dari mana sumber penulisan
tersebut.
2) Tujuan
Daftar Pustaka
Ø Memberikan
deskripsi yang penting tentang buku, majalah, artikel secara keseluruhan.
Ø Sebagai
pelengkap, para pembaca agar dapat melihat atau membaca sumber aslinya.
3) Contoh
Daftar Pustaka
Buku :
[1] Date, C.J., An Introduction To
Database Systems, 6th ed., Addison Willey Publishing Wesley
Company, Inc., Reading Massachusetts, 2000.
Anonim :
[1] Anonim, Sistem Pemerintahan di
Indonesia, cetakan pertama, PT. Gunung Agung, Jakarta 1983.
Majalah / Jurnal :
[1] Cattell R.G.G. and Skeen.J. “Object Operation Benchmark”. ACM Trans. Database Systems, 17, 1992,
pp. 1 - 31.
Lebih dari tiga penulis :
[1] Stoica, I, et all., “A Proportional Share Resource Allocation
Algorithm for Real-Time, Time-Shared Systems”, In Proceedings Real-Time Systems Symposium, IEEE Comp. Press,
Desember, 1996, hlm. 288 - 299.
Artikel :
[1] N.L. Owsley, “Sonar array processing”, in Array Signal Processing, S. Haykin, Ed.,
Englewood Cliffs, NJ:Prentice_Hall, 1985, ch. 3,pp.115-193.
Internet :
[1] Galagher, P.R.Jr., “A guide to understanding audit in trusted
system”,
http://www.radium.nesc.mil/library/rainbow/NCSC-TG-001-2.html,1 Juni 1988.
Atau
Tidak ada komentar:
Posting Komentar