Pengaruh Transaksi Di Internet Terhadap Perkembangan Keputusan Di Masa Depan

Teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat. Teknologi informasi dan komunikasi dibuat untuk memudahkan para penggunanya dalam mencatat suatu transaksi, menyimpan dalam bentuk data, serta merubah nya menjadi informasi kepada masyarakat.
Dengan kemajuan teknologi tersebut serta perkembangnya dunia bisnis yang semakin marak dengan berbasis teknologi, sangat memudahkan para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi melalui website online atau yang lebih kita kenal dengan E-Commerce.
Definisi E-Commerce menurut Laudon dan Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Kegiatan berbelanja berbasis online sekarang ini memang memberikan banyak keuntungan bagi pelakunya. Menurut saya, berikut beberapa keuntungan yang didapat dari berbelanja online, yaitu:
1.      Tidak perlu mendatangi toko atau Mall, karena kita tinggal duduk manis di depan laptop dan berselancar di situs belanja online.
2.      Menghemat tenaga, karena produk atau barang yang kita inginkan akan datang ke rumah kita.
3.      Banyak pilihan produk yang ditawarkan oleh situs belanja online. Dengan hal tersebut kita tak perlu membandingkan dengan satu toko ke toko lain jika berbelanja di Mall.
4.      Dapat melakukan kegiatan atau transaksi belanja kapan pun dalam waktu 7 x 24 jam.
5.      Terdapat diskon di waktu tertentu tanpa adanya persyaratan seperti di Mall.
6.      Serta pembayaran yang sangat mudah melalui transaksi M-Banking atau E-Banking.
Namun, setiap adanya keuntungan ada hal kerugian pula dari kegiatan berbelanja online. Menurut saya, berikut beberapa kerugian dari kegiatan belanja online, yaitu:
1.      Adanya jeda waktu antara pembayaran dan pengiriman produk yang kita beli.
2.      Kita tidak dapat melihat dan mencoba secara langsung produk yang kita beli.
3.    Ketika kita berada di kota yang jauh dari si penjual  maka biaya pengiriman akan lebih mahal.
4.      Kemungkinan adanya keterlambatan produk untuk sampai di rumah kita.
5.      Kemungkinan kerusakan produk saat pengiriman.
6.      Dan jika terjadi kesalahan atau pun penangguhan, maka kita harus mengikuti prosedur yang lama dan panjang selama beberapa hari sesuai dengan kebijakan mereka.

Dari penjelasan tentang apa saja keuntungan dan kerugian dalam melakukan transaksi belanja online tersebut, ada suatu hal yang akan mempengaruhi kegiatan transaksi di Internet pada masa yang akan datang. Menurut saya, hal tersebut adalah rasa kenyamanan, kepuasan dan keamanan yang diberikan oleh media belanja online. Ketiga hal tersebut saling mempengaruhi untuk mendapatkan konsumen yang banyak dan rasa puas bagi para konsumen nya. Kepuasan konsumen setelah melakukan transaksi di situs belanja online menjadikannya faktor  yang kuat dalam menarik konsumen agar berbelanja kembali pada situs belanja online yang sama. Serta harga juga menjadi faktor penentu dalam menarik minat seseorang dalam berbelanja. Karena  suatu produk atau barang pastilah memiliki nilai, dan nilai itu sendiri didasarkan dari harga yang merupakan tolak ukur dari produk atau barang yang ditawarkan. Tak hanya itu saja, jaminan dari situs belanja online terhadap keamanan ketika melakukan kegiatan transaksi berbelanja juga meningkatkan kepercayaan para calon pembelinya.


Referensi: