Landasan Teori


BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Media Pembelajaran Interaktif
            Pembelajaran Interaktif adalah hubungan antara manusia (sebagai user/pengguna produk) dan komputer (software/aplikasi/produk dalam format file tertentu, biasanya dalam bentuk CD). Dengan demikian produk /CD/aplikasi yang diharapkan memiliki hubungan 2 arah/timbal balik antara software/aplikasi dengan user nya. Pengaruh media dalam pembelajaran dapat dilihat dari jenjang pengalaman belajar yang akan diterima oleh pelajar. Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung, kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai pada lambang verbal. Pengetahuan dan keterampilan, perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya. Menurut Bruner dalam Arsyad (2005) ada tiga tingkatan modus belajar yaitu pengalaman langsung (enactive), pengalaman piktorial/gambar (iconic), dan pengalaman gambar (symbolic). Pengertian interaktif dengan komunikasi 2 arah atau dari komponen-komponen komunikasi.

Pendahuluan


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin maju serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin modern dan canggih kita di tuntut untuk terus meningkatkan kualitas diri kita agar dapat bersaing dengan individu lainnya. Saat ini komputer sudah dikenal di segala kalangan baik kalangan pelajar, mahasiswa, anak-anak maupun dikalangan pekerja. Kemajuan teknologi bukan hal asing lagi bagi mereka, oleh karena itu banyak masalah-masalah yang dapat dipecahkan oleh komputer salah satunya dalam dunia anak-anak yang juga mempunyai peranan penting di dalam pengetahuan .